Saturday, May 30, 2015

Soto ayam khas Rumah Ngawi

Sebelum menulis tentang soto, aku akan bercerita tentang diriku yang sangat menyukai makanan soto. Tapi meskipun suka makanan ini, lidahku sangat selektif dalam menilai rasa soto. Bahkan sepanjang perjalananku mengarungi kehidupan, hanya ada beberapa yang berhasil menaklukan lidahku untuk memberi nilai enak. Soto yang paling aku suka adalah soto bikinan rumah Ngawi, dan kebanyakan soto yang dibikin pada saat acara hajatan di daerahku. Kedua soto Lamongan cak Ir di jalan Kerto-kertoan Malang. Dan baru saja menemukan tempat nyoto enak di kota Tanjung, tepatnya soto Surabaya cak Doel. Rasanya mengingatkan soto ayam Lamongan cak Ir saat di hidup di Malang.
Semua soto tersebut tentunya mempunyai rasa yang berbeda dan pasti bumbu, cara masaknya pasti berbeda. Saya gak tahu rahasia dari masing - masing warung tersebut. Hanya saja saya akan berbagi bumbu soto rumah Ngawi. Soto di rumahku, berbeda dengan soto kebanyakan di Ngawi, jadi benar - benar spesial. Meskipun sama dengan kebanyakan soto di kampungku saat warga ada hajatan maupun selamatan. Bumbu soto yang aku ceritakan tadi ialah hampir sama dengan kebanyakan soto lainnya, mungkin cara dan dosisnya saja yang berbeda.
Bumbu - bumbu tersebut adalah :
1. Garam
2. Ketumbar
3. Merica
4. Jintan
5. Kemiri
6. Daun salam
7. Sere
8. Daun jeruk purut
9. Jahe bakar
10. Kelapa sewawar (untuk santan)
11. Tomat
12. Bawang prei
13. Kayu manis
14. Kapulaga
15. Pala
16. Bawang putih
17. Bawang merah (hampir kelupaan)
16. Penedap masakan (royco/masako)
Sedangkan untuk sayurnya, sebagai topping nya adalah:
1. Mihun/soon
2. Kobis
3. Sledri
4. Kecap
5. Tauge kacang hijau (caparcilik)
6. Bawang goreng
7. Kentang goreng
8. Sambal bagi yang suka pedas
Cara membuatnya ialah mengulek bumbu - bumbu, pertama garam, ketumbar, merica,jintan, bawang putih, bawang merah, kunir (ukuran satu kelingking) yang sudah dikukus. Selanjutnya memarut kemiri dan dicampurkan pada bubu yang sudah diulek tadi. Dan tambahkan jahe bakar pada racikan bumbu tersebut. Kemudian bumbu tersebut digoreng gongso (minyak sedikit sekali). Kemudian merebus air untuk kuah sotonya, bila ada kuah dari kaldu akan menambah kenikmatan soto. Biarkan sampai mendidih kemudian masukan bumbu, santan, (daun salam, sere, jeruk purut, laos) yang diikat rafia  biar gak ambyar, penyedap masakan, 1 buah tomat iris dibagi 4, bawang prei. Kayu manis, kapulaga, pala sedikit saja, karena kalau kebanyakan rasanya tidak enak. Demikian kuah soto sudah siap disajikan. Kemudian siapkan toppingnya dan sambalnya. Sayur - sayuran tadi diiris iris sesuai selera. Untuk sambal ialah sambal bawang tapi untuk cabenya dikukus dulu dan setelah diuleg diberi kuah soto akan membuat rasana nendang. demikianlah cara membuat soto ayam ala rumah di Ngawi. Dijamin enak, karena saya, orang yang pilih - pilih makanan saja bilang enak.  Selamat mencoba dan selamat merasakan tendangan kenikmatan soto ayam khas rumah Ngawi.

No comments: